Tuesday, May 10, 2011

Penerbangan Perintis: Biak ke Babo

Selasa, 15 Maret 2011

Jam 09.00 wit, setengah sadar bin bingung ane jalan ke ruang rapat di BP executive lounge bandara Frans Kaisiepo, Biak. baru dibangunin sama temen ane karena katanya di minta untuk kumpul dlu sama staff dari Travira air. Pas masuk ruangan celangak-celinguk kanan kiri ternyata penumpangnya cuma ane, temen ane + 2 orang yg sama-sama mau ke Tangguh LNG (*total 4 penumpang ). di dalam sana ane di kasih tontonan film berupa tayangan keselamatan penerbangan, umunya sih penjelasan tentang keselamatan penerbangan ini di kasih tau ke passenger pas di dalam pesawat. setelah film tentang keselamatan penerbangan itu selesai diputer baru deh diminta untuk masuk ke boarding room bandara. Nah pas di boarding room ini sempet deg-deg ser… . Maklum pengalaman pertama terbang dengan pesawat perintis. Selama ini yang ane tau dengan penerbangan perintis ini ya tentang pesawatnya yang kecil-kecil and memang kadang suka ada insiden-insiden hilangnya pesawat atau kecelakaan yang jatohnya itu di hutan-hutan atau bukit-bukit papua (*amit-amit

Oya, sebenarnya sebelum masuk boarding room ini ane harus nimbang seluruh barang bawaan yang mau di masukin ke dalam bagasi pesawat + anenya (badan ane ) and tas atau bawaan yang masuk ke dalam kabin pesawat juga harus di timbang dlu . Tapi berhubung penimbangan itu udah ane lakuin subuh-subuh pas baru nyampe biak and mau masuk ke BP lounge jadi ane langsung ngacir aja deh ke boarding room.

Tangga naik ke pesawat (dari pintu pesawat itu sendiri gan)

Setelah pesawat siap, ane berempat mulai ngantri di depan pintu pesawat, maklum menrut peraturan keselamatan untuk masuk ke dalam pesawat itu harus antri masuk satu per satu. Jadi kita gk boleh tuh yang namanya berdiri ngantri di tangga pintu masuk (*soalnya tangganya aneh kalinya cos dari pintu pesawat itu sendiri ). Begitu masuk ke dalem pesawat ini cuma ada kursi satu baris di setiap kiri dan kanan, tanpa ada bagasi kabin, jadi klo kita bawa tas ke dalam kabin, naruhnya ya di bawah kursi . untuk keselamatan, selain pelampung di bawah kursi, sandaran kepala di kursi penumpang juga bisa di jadiin pelampung gan . Tapi tenang, masih ada sabuk pengamannya kok and modelnya juga standar bukan kayak pengaman roller coaster .

Penampakan di dalam pesawatnya

Didalam pesawat ini gak ada yang namanya pramugari , adanya cuma satu orang pramugara tapi menurut ane kayaknya sih teknisi deh yang mungkin merangkap sebagai instruktur keselamatan + pramugara juga (*intinya pramugara juga deng ). Nah si pramugara ini sebelum take off ngebawain permen (*snack umum pada pesawat komersial) + penutup kuping, mungkin karena berisik kali ya . Beruntung pas berangkat ke Babo cuacanya cerah banget jadi si pesawat bisa terbang dengan tenang. Maklum klo cuaca buruk otomatis itu pesawat bakal terguncang terus-terusan dan gak bisa menghindar terbang tinggi-tinggi karna mungkin tiap pesawat punya maksimal ketinggian terbang dan si pesawat ini terbangnya gak tinggi-tinggi banget kayak pesawat komersial. Selama pesawat ini terbang di udara ane pernah coba sekali buat buka penutup kuping yang ane pake dan hasilnya, yap.. berisik sekali .

pintu kabin pilot and co-pilot

anehnya di pesawat ini, ada lobang angin yang bisa di buka tutup. Jadi klo di buka lobangnya otomatis angin yang ada di luar masuk ke dalam pesawat. lumayan sih buat ngilangin bau kentut . Selain itu ada ke anehan lagi nih, ini pesawat pas mau take off or landing, kabin pilot and copilot selalu di buka, gak ngerti juga maksudnya biar kenapa dan apa, tapi asli keren kok, jadi kita bisa liat langsung landasan pacunya ada di depan kita n’ pesawat mulai ngambil posisi untuk terbang or ngambil posisi untuk sejajar biar bisa pas sama landasan pacunya begitu pesawat mau landing . Prosedur umum klo pesawat udah bener-bener berenti dengan sempurna baru ane boleh turun and tetep turunnya satu-satu. Ya begitulah pengalaman pertama ane naek pesawat perintis ini, beruntung cuacanya bagus jadi gak ada kendala pas di udara and bisa menikmati pemandangan indah pulau papua dari atas ketinggian yang sangat pas dan gak akan bisa di dapet jika kita naek pesawat komersial biasa yang terbangnya tinggi-tinggi banget (type airbus or boeing). Cuma jujur aja gan, pas lagi take off and landing ane baca-baca gan, takutnya itu pesawat keberatan atau apa ntar gak ngangkat lagi alias gak bisa terbang .

Ini dia pesawatnya pas di Bandara Frans Kaisiepo, Biak, Papua


nb: sumber foto dari google, type pesawat sama Beechcraft 1900D milik Travira Air

2 comments:

@rullys said...

"anehnya di pesawat ini, ada lobang angin yang bisa di buka tutup. Jadi klo di buka lobangnya otomatis angin yang ada di luar masuk ke dalam pesawat."

itu bukan angin dari luar gan, itu angin dari blower pesawat, semacam aircond. itu pesawat pressurized, jadi kalo sampe ada lobang ya penumpang bakal kesedot keluar kaya di film2 action itu..

Iwink as Irwin Nurfalah said...

thanks mas rully atas koreksi and pencerahannya :D