Friday, November 26, 2010

Tips and Trik hidup backpackeran selama di bali (*original from ane aka iwink.jr)

Nih gan ane coba kasih beberapa tips and trik bagi agan klo mau hidup hemat di bali. Sekalian ada tempat-tempat kulineran jg di bali yang recommended untuk di kunjungi. Berikut tips dari ane:

1. Taksi dari ngurah rai kemana pun. Klo mau murah cari bali taxi (blue bird grup) cm gk masuk ke dalem bandara n’ klo pun ada di dalem bandara mereka gk mau berenti. Klo mau naek bali taxi silahkan agan2 jalan keluar gerbang bandara or jalan ke pojokan parkiran bus. Klo harus terpaksa naek taksi di dalem bandara bli aja di loket n’ klo bisa bargain sama si abang di loket. Mau lebih murah lagi, sewa motor atau mobil sama agan2 kaskus. Banyak tuh di thread FJB travel kaskus yg terima lepas kunci di bandara baik mobil ataupun motor. Yang penting book dari jauh2 hari sebelum jalan jgn kayak ane H-2 baru mau sewa motor walhasil kehabisan deh (*ane pesen 3 motor soalnya, klo cm 1 motor pada nyanggupin).
  2. Mencari penginapan: klo emang mau backpackeran silahkan langsung ngacir ke jalan poppies lane I atau Poppies lane II. Disitu banyak penginapan murah, start from Rp. 90K – 250K tergantung mau ngambil yang pake fan atau AC. Klo yang AC ada tv n’ bath up di dalem + pool buat berenang2. nginep di poppies itu sama aja kayak nginep di malioboro klo jogja. Kemana-mana deket ada tukang jualan n’ wisatawan yang sliweran. Klo mau lebih murah lagi ? cari aja temen yang lagi kerja disana, numpang nginep deh di kos2an dia (*gratis nih n’ temen ini bisa jg di jadiin guide klo kita gk tau jalan ).
  3. sewa motor di bali bukan sama anak kaskus (*klo sama anak kaskus sih pasti harga kaskuser yg sangat bersahabat pastinya ). Silahkan agan bargain abis2an sama si abang rental. Umunya buka harga di 50K untuk semua jenis motor (*bebek n’ matic). Ane sih kmrn cm dpt 40K/ hari dgn asumsi sewa selama 3 hari. Klo sama kaskuser mungkin bisa di lempengin jdi 100K/3 Hari. Jgn lupa check kelengkapan motor kayak stnk n’ spion + agan yg nyewa jg harus punya sim karna di bali banyak razia terutama klo masuk denpasar. Cm enaknya polisi bali itu gk kayak di jakarta yg pada buncit Polisi bali selama motor lengkap ada spion, stnk, sim n’ helm tenang aja gk akan cari2 masalah kok (*itu dia enaknya bali .
  4. Belanja di Sukawati: saran ane agan dateng pagi2 jam 9 atau jam 10 lah paling siang. Usahakan agan dateng sebagai first costumer bagi para pedagang di sukawati karna mereka akan ngasih harga yg bener2 miring banget sampe gk tega untuk di tawar lagi, cm klo agan mau bargain silahkan gk dilarang kok. Klo datengnya agak siang mending belanjanya di deretan toko agak kedalam karna biasanya di dalem toko2nya belom tersentuh pembeli (*umumnya pembeli pada males masuk ke dlm2 pasar pada suka belanja di toko2 bagian depan pasar). Prinsip mereka first costumer itu = penglaris dagangan. Pasti klo agan pembeli pertama uang dari agan akan di kepret2 (*bahasa umumnya dikibas2in/dikipas2in) ke dagangan mereka. Makannya jadilah first costumer di sukawati. Klo agan sampe sukawati udah siang bgt atau sore silahkan bargain abis2an sama penjual.
  5. Joger: klo agan mau beli di tempat ini saran ane jgn sabtu atau minggu karna ramenya ampun2an (*pas hari sabtu ane lewat dpn joger jam 8 pagi mobil2 n’ org2 yg pada ngantri mau ke joger udah rame bgt ). Cm klo emang gk ada hari laen alias cm bisa dtg pas sabtu atau minggu silahkan dinikmati saja , klo mau agak sepi ngacir aja ke krisna, selain bisa beli kaos disana agan juga bisa beli makanan utk oleh2 temen kantor (*harga di krisna fix gk bsa di tawar).
  6. GWK: saran ane agan ke GWK agak sore aja jam 16.30 Wita karna jam 5 ada parade budaya bali n’ jam 18.00 ada pertunjukkan kecak. Semua pertunjukkan free. agan cukup bayar masuk GWK aja yg seharga Rp. 25K. Cuma klo cuaca hujan pertunjukkan dibatalkan
  7. dreamland: ane sarankan untuk dateng ke dreamland pagi atau siang jgn sekali2 coba ke dreamland buat ngeliat sunset. Bagus sih memang cm klo udah kemaleman baru keluar pantai maka agan2 gk bisa bilas atau mandi di toilet atau tempat2 bilas yang ada di dreamland karna mereka udah pada tutup. (*pengalaman kmrn ane jam 19.00 baru keluar dr pantai n’udah pada tutup tuh tempat2 bilas otomatis basah2an dari dreamland ke kuta naek motor lagi )
  8. Uluwatu: klo ke GWK n’ dreamland saran ane mampir kesini. Katanya disini klo sabtu malem ada pertunjukkan kecak, cm tiketnya agak sedikit mahal Rp. 50K, tiket aslinya uluwatu ane kurang tau juga karna kmrn gk sempet mampir jdi saran ane klo emang mau nonton kecak murah yawda ke uluwatunya duluan trus ke dreamland baru GWK (*liat kecak di GWK) .
  9. buat yang muslim alias yang beragama islam, agak sedikit susah klo mau nyari masjid buat jumatan. saran ane klo emang mau jumatan di masjid coba aja ngacir ke gedung2 pusat pemerintah kayak gedung departemen atau polda bali karena umumnya disetiap gedung2 pemerintahan yg cukup besar itu ada masjidnya. klo nyari masjid di perumahan agak susah.
  10. terakhir dari ane: jgn kebali pas cuaca lagi buruk, seperti hujan n’ pas bencana alam merapi (*tapi sebenarnya klo urusan cuaca sih tergantung kuasa diatas). Klo lagi hujan, buat yg naek motor siap2 aja basah2an apalagi klo motornya gk nyediain jas hujan . Klo pas bencana alam merapi, hampir seluruh penerbangan kena delay n’ cancel karna rute mereka harus muter dlu n’ kemungkinan untuk beberapa bandara ada yg ditutup (*klo ane kena delaynya aja . Klo cuaca di Bali cerah agan bisa jalan2 kemana aja sepuasnya gan, menikmati bali lebih banyak n’ bsa explore2 wisata yg ada di bali.

Selanjutnya tempat Kulineran di Bali: umunya banyak kesebar di jalan tuban dan raya kuta (*bener gk ya?). pokoknya di sepanjang jalan sekitar joger sampe ke arah bandara itu kanan kiri banyak tempat kulineran nikmat. Ane sih rekomendasiin:

1. ayam betutu gilimanuk (*kiosnya gk jauh dari lampu merah bandara yg ada patung kuda2nya). Blom sempet nyoba cm disuruh mampir kesini sma supir dr bali taxi klo ke Bali lagi.
  2. nasi pedas bu andika. Lokasi di sebrang joger n’ gk begitu jauh jg dari joger nasinya mantap + menunya nikmat. Klo agan suka lesehan agan bisa makan di tempat lesehannya. Harga tergantung pake apa menunya. Kmrn ane pake sate ati ampela 2, perkedel, tempe orek, kangkung n’ sambel habis cm Rp. 14K
  3. nasi bebek di sebrangnya hotel darmadi (*masih gk begitu jauh dr joger juga), enak nih cm harganya agak mahal, klo kata ane lebih murah nasi bebek di jln sabang jkt. Harga 1 porsinya Rp. 19K
  4. tempat makan warung bu ita. Sejajar sama joger, letaknya antara joger dengan hotel darmadi. Makanannya murah2 n’ enak (*rasanya kayak masakan dirumah). Nasi goreng biasa Rp. 6K itu pake telor n’ ayam suwir, nasi gorengnya enak n’ banyak. Selain itu ada sop ayam, ini bumbunya enak nih n’ terakhir ane rekomen buat nyobain ikan bakarnya. Harga di menu sih 12rb cm lebih baik tanya dlu aja, kayak ane kmrn akhirnya ane tanya ikannya segede apa n’ ternyata ikannya gede juga segede piring lonjongnya n’ kena harga cm 20K padahal gede bgt, bumbu ok sambel juga top . Klo beli di d’cost harganya 30-35rb nih.
  5. Nasi pecel bu Tinuk: gk nyobain sih cm banyak yg rekomendasiin buat makan disini sayang gk sempet mampir .
  6. mau makan murah ? silahkan makan di pantai kuta lokasinya di depan hardrock cafe kuta (*didalem tembok pantai). Asli rame bgt yang makan disini klo pagi. Yang jualan orang jawa nih. Nasinya dibungkus kerucut isinya ada pindang ikan, daging sapi, ayam, telor + sambel n’ sayur pastinya. Klo mau nambah sate ati juga ada n’ gorengan jg sedia. Makan ditempat ada bangku2 kecil makannya langsung menghadap ke pantai kuta, nikmat gan. Harga nasi kerucutnya (daging/ayam/telor/ikan + sambel n’ sayur) Rp. 5K
  7. mau lebih murah lagi ? jalan aja ke arah denpasar. Ada yang jualan nasi dipinggir jalan. Nasi kuning isinya pasti nasi kuning ada ayam suwir, telor dadar di potong2, tempe orek, mie n’ sambel. Ini paling murah dan enak :2thumbup. Harga cuma Rp. 3K .
  8. klo di tempat2 wisata makan yang murah gampang. Cari aja ibu2 yang jualan nasi keliling bawa2 keranjang. Itu pasti murah, biasanya ada bubur atau nasi. Lauknya pasti sayur, ayam n’ sambel + gorengan cm Rp. 3K. Klo mau nyemil bisa beli rujak Rp. 1K-2K n’ klepon bali Rp. 2K .

Sekian gan FR dari ane, agak panjang ya gan ? mangap ni . Kesan ane selama dibali every day is holiday karena selama ane disana baik itu kamis dan jumat ane jarang ngeliat orang2 berpakaian kerja berangkat ngantor yang ane liat setiap hari itu pasti bus-bus pariwisata n’ tentunya para wisatawan baik itu asing maupun domestik. Pesen ane klo kebali cuaca cerah explore aja tuh pulau. Banyak tempat wisata bagus n’ orangnya ramah2. enjoy bali... .

Cecilia said...

halo, ga sengaja nemu blog ini waktu googling tentang paddy's club.. sangat membantuu nih ;) soalnya ane mau backpacker (kayaknya ) cm ce be2 ke bali tgl 19 feb nanti.. rekomen bgt untuk arthawan nya .

Iwink as Irwin Nurfalah said...

wah selamat ya yg mau backpakceran ke bali. klo mau sering maen ke paddy's club bisa cari penginapan di sekitar jalan legian n' kuta (poppies lane I & II), selain hotel2 disitu deket sama legian n' kuta, harganya jg pas buat kantong bacpacker :D. ditunggu ya oleh2nya. hehehe...