Monday, June 23, 2014

Sidang Skripsi #nahloh

Awal tahun 2014, selebrasi pergantian tahun masih terasa bahkan bau mercon dibakar aja msh berasa di rumah gw maklum maen petasannya di teras rumah jdi gmn gk brasa tuh mercon wkwkwkwk *b'canda deng. tapi sayang selebrasi pergantian tahun yang meriah itu cuma sebentar aja. semua berubah ketika negara api menyerang (*najis knapa jadi film avatar yg gw bawa2 kesini). intinya gemerlap dan meriah pergantian tahun cuma brasa sekelebat aja karna belum genap 24 jam setelah pergantian tahun di group whatsapp khusus anak-anak yang mau maju sidang awal januari ini udah rame ngingetin kapan jadwal sidang keluar, udah siap atau belum dll *ampun bikin kepikiran aja itu -_____-"


akhirnya waktu yg ditunggu-tunggu tiba jg,
Senin siang tgl 6 Januari pengumuman jadwal sidang skripsi muncul di web. Posisi gw waktu kebetulan lgi standby on site di salah satu perusahaan asuransi yg bertransformasi menjadi BPJS. begitu informasi itu muncul, gw coba liat jadwalnya dan taaraaaaaaa.... gw the lucky number one. gw jadi peserta sidang pertama di hari pertama pelaksanaan sidang skripsi #dagdigdug -____-". langsung call ke pak manager dikantor buat minta izin cuti 2 hari yaitu tgl 7-8 Januari dimana tgl 7 utk persiapan H-1 dan tgl 8 utk jalan2 ke bogor, eh salah ding maksudnya untuk sidang hari H :D


Sakit menjelang sidang

Pulang kerja dari BPJS yang ada di daerah cempaka putih, begitu sampe rumah badan langsung menggigil + demam. Ini persis kejadiannya kayak waktu mau Ujian Nasional Kejuruan pas SMK. klo waktu SMK malem hari sebelum ujian badan mulai ngerasa aneh dan gak bisa tidur sampe jam 2 pagi, akhirnya dinihari itu juga langsung di bawa ke IGD salah satu rumah sakit di daerah ciledug dan di dapati hasil klo gw positif DBD. untung aja bisa ditangguhkan rawat inap gw sampe gw selesai ikut ujian di sekolah tpi bener kelar ujian langsung nginep 4 malam di rumah sakit hehehehe

Nah karena yg ini untuk skripsi dan pake acara panas, jujur begitu pulang gw langsung makan (walau gk minat sih, cm harus tetep makan daripada gw kenapa-kenapa) lanjut sholat trus tidur selimutan dan tak lupa tuh berdoa pas sholat smoga bukan DBD *amiiin. jdi malam H-2 gw sama sekali gk buka catetan dan belajar persiapan utk skripsi. besok paginya baru bangun dan alhamdulillah udah agak segeran, walaupun libur gk kerja jadi bisa bangun siang dan rehat karena badan yg masing rada2 meriang dikit. mulailah buka-buka skripsi lagi, liat-liat sambil nyari kata-kata yang kemungkinan akan jadi blunder ketika sidang. malamnya belajar presentasi dan tidur untuk hari H yang lebih baik hehehehe..



Hari H Sidang Skripsi

Jadwal  sidang skripsi

bangun subuh, langsung shalat dan siap-siap. pagi ini sebelum jam 6:30 gw udah ready dengan perlengkapan tempur buat sidang nanti. rencananya sidang start jam 8:30. sekitar jam 7:30 pamitan sama bokap, sebelumnya jam 5:30 udah pamitan sama nyokap (nyokap berangkat ngantor duluan) dan sama kakak-kakak gw. jalan santai, sekitar jam 8 kurang gw udah parkir dan masuk ke ruang sidang, prepare perlengkapan dan sempet ngobrol sama pak sandy dan pak sugeng temen gw yang juga dapet jadwal sidang hari ini tapi setelah gw yg jelas. kalo menurut jadwal, penguji gw adalah dua orang dosen konsentrasi telekomunikasi dan ini sangat jarang terjadi karna umumnya penguji 2 orang yang satu berasal dari konsentrasi yang sama yakni dosen telekomunikasi dan satu orang lagi dosen elektro kontrol. tapi karena mungkin gw lagi beruntung dapet lah gw dengan dua penguji dosen konsentrasi telkom (bau-baunya sengit ni pertarungan di ruang sidang :D).

pukul 8:30 sidang dimulai dengan dibuka oleh moderator yang merupakan dosen pembimbing gw, sebelumnya gw berdoa demi kelancaran sidang gw dan presentasi pun dimulai. Presentasi cuma 15 slide dan dikasih waktu kurang dari 15 menit. Presentasi gw cuma ditengok dan diliat beberapa kali aja selebihnya dosen penguji sibuk ngebet buku skripsi untuk di hajar nanti hehehehe.. selesai presentasi langsung di brondong pertanyaan dari dosen penguji satu, setelah dosen penguji satu puas lanjut dosen penguji dua. jujur dari tipikal pertanyaannya itu kalo menurut gw ada yang ngetes sejauh mana ilmu gw dengan apa yang gw tulis dan apakah gw paham dengan tulisan gw. dan beruntungnya gw, pas H-1 masih bisa nyari kata-kata blunder di skripsi gw karena ada beberapa pertanyaan yg ditanyain sama dosen gw disitu hihihihi..

pukul 10:00 tepat, sidang skripsi gw selesai, alhamdulillah pertanyaan yg di ajukan sama dosen pembimbing bisa gw jawab walaupun mungkin ada beberapa yang rada-rada karena gugup hehehe..  selesai sidang gw dilanjut dengan sidang kedua temen gw pak sandy, total pak sandy 2 jam di dalam ruangan dan selesai jam 12:00 rehat untuk istirahat dan shalat, dan di hari ini gw pun melewatkan makan siang karena masih ada satu orang temen pak sugeng yang akan sidang di jam 15:00 jadi kita semua dengan solidaritas nunggu beliau sidang. semua sidang baru selesai jam 18:00 dan dilanjut rehat selama 30 menit.

Paper sebelum di jilid (bikin rangkap 3)

jam 18:30 mulai sidang yudisium, satu persatu peserta sidang di panggil ke dalam ruangan untuk dibacain hasil sidang hari ini. karena gw peserta sidang pertama maka otomatis gw dipanggil paling pertama untuk masuk ke dalam, alhamdulillah yang bacain masih dosen pembimbing gw beserta satu penguji gw dan satu lagi dosen senior bgt yang skrg jdi kaprodi di MKOM kampus. pertama dibacain surat keputusan beserta nilai dalam angka, nah pas nilai angkanya di sebutin langsung di tanya "kamu tau kan win, kalo angka segitu dapet apa ?". intinya gw lulus dengan hasil yang sangat memuaskan menurut gw dan nilai gw pun bukan nilai kurus hehehehe... yang sidang hari itu alhamdulillah lulus semua dan temen-temen gw yang bareng kayak pak sugeng dan pak sandhy semua dapet nilai yang sangat memuaskan. Selesai sidang, langsung di tutup sama acara makan-makan di salah satu tempat makan di daerah pinang deket jembatan tol. thanks pak sugeng udah ngajak makan-makan gratis hehehehe...


Please note: satu pesen dari guru SMK gw yang masih gw inget sampai saat ini dan sangat logis perkataannya. di SMK gw kebetulan ada sidang juga, yaitu sidang PKL. nah guru gw pernah bilang "kalian kalo sidang harus PD dan seharusnya sangat bisa menguasai materi yang akan kalian pertanggung jawabkan dan presentasikan di depan penguji. kenapa ? karena paper yang kalian presentasikan merupakan hasil olah pikir kalian sendiri yang kalian tulis sesuai dengan pengalaman dan pengetahuan serta keilmuan yang kalian miliki jadi nggak perlu takut dengan panguji, hadapilah sidang dengan tenang :D"

Alhamdulillah hardcover dan softcopy di CD selesa

No comments: