Tuesday, May 10, 2011

Penerbangan perintis: Babo ke Biak

Sabtu, 19 Maret 2011

Setelah selesai sarapan di messhall camp babo, BP Tangguh LNG. Ane and temen ane langsung siap-siap untuk beres-beres kamar and check out ke ruangan receptionist. Sampe receptionist langsung dikasih tau klo dapet penerbangan ke Biak jam 7 pagi, nah loh tinggal 30 menit lagi , yawdalah langsung minta sekalian buat di siapin mobil atau bus yang mau nganter ke bandara, sebenarnya sih jarak antara camp ke bandara deket banget, gak lebih dari 400m, cuma berhubung bawa kardus gede 2 koli mau gak mau bawanya harus pake kendaraan klo ditenteng bisa telap gan di tengah jalan .

Sampe bandara seperti biasa barang-barang + orangnya (ane) harus di timbang dlu, hal yang aneh bagi agan-agan yang mungkin gk biasa naik pesawat perintis . Umumnya di pesawat komersial biasa yang ditimbang cuma barang bawaannya aja yang mau masuk ke dalam bagasi pesawat tapi klo diperintis beda gan. Ane + barang bawaan yang mau masuk ke dalam kabin juga harus di timbang , mungkin untuk safety juga kali ya . setelah proses penimbangan selesai, langsung di kasih boarding pass and nunggu di boarding room. Nah pas di boarding room ini sebenarnya ada tv LCD yang ukurannya cukup besar, ane pikir sebelum masuk pesawat bakal ada tontonan mengenai keselamatan penerbangan kayak waktu pas berangkatnya, eh ternyata gak ada mungkin karena ini pesawat baru kali yang badannya lebih besar ketimbang pesawat waktu berangkat karna pas waktu masih di Komplek Tangguh LNG ane sempet ngobrol sama pekerja sana katanya pesawat yang kecil-kecil itu udah gak beroperasi lagi and di ganti pake pesawat yang lebih besar ukurannya mulai hari rabu.

And ternyata pas pesawat udah siap ane and beberapa penumpang (*kali ini banyak banget penumpangnya) langsung di minta masuk ke dalam pesawat cuma tetep masuknya satu per satu. Pas keluar boarding room menuju ke pesawat, yak pesawat baru dengan badan pesawat yang lebih besar ketimbang waktu ane berangkat kesini . Begitu masuk and ngeliat sekeliling, sedikit takjub karena beda gan sama pesawat yang berangkatnya . Pas di pintu masuk ada pramugarinya yang nyambut lagi , trus pas ngeliat sekeliling bangkunya dua baris di tiap ujung kanan dan kiri + ada bagasi kabinnya didalam .

didalem pesawat perintisnya gan


Setelah nemu tempat duduk and pasang sabuk pengaman langsung di suguhi snack permen sama pramugarinya, cantik gan asli dah . Ane msih inget tuh nama pramugarinya klo gak salah nidya deh . ini baru yang namanya pesawat ada pramugarinya . tapi di penerbangan ini ane udah gak dapet penutup kuping lagi, mungkin udah gak berisik banget kali ya suara mesinnya klo di dalam kabin walaupun masih sama-sama menggunakan baling-baling di setiap kiri dan kanannya. Sebelum pesawat bener-bener take off ada prosedur penggunaan alat keselamatan (*ini udah kayak di pesawat komersial laennya gak berasa lagi naek pesawat perintis ).

didalem pesawat perintisnya gan

Nah pas mau take off berhubung body pesawatnya gede and bandaranya kecil, ni pesawat ngacir dulu gan sampe ke ujung baru deh terbang pas udah mau deket-deket ujung bandara abis, untung aja bisa (*deg.. deg.. ser.. jg gan takutnya gak dapet ). Selama di udara ternyata pesawat ini terbangnya juga gak tinggi-tinggi banget (mungkin pilotnya kebiasaan bawa pesawat yang perintis itu kali ya ). Tapi gak berapa lama mengudara, ni pesawat mulai goyang-goyang dombret (pesawatnya nabrak awan). Akhirnya pesawat itu terbangnya di tinggiin lagi deh (*ngeliat dari jendela awannya ada di bawah :D). perjalanan naik pesawat ini lebih cepet 10 menit ketimbang berangkatnya. Jadi cuma 50 menit doang dari Babo ke Biak. Pas sampe Biak begitu pesawat udah bener-bener berhenti dengan sempurna baru deh ane and beberapa penumpang laennya dipersilahkan turun. Ya selama naik pesawat ini agak lebih tentram lah hati ane .


penampakan pesawatnya secara full kayak gini gan



nb: sumber foto dari mbah google, type pesawat sama Dash 8 300 milik Travira Air

No comments: