Tuesday, August 5, 2014

Jakarta International 10K 2014


Jakarta International 10K merupakan Event lomba lari 10 Kilometer yang di selenggarakan oleh Pemprov DKI Jakarta dan gratis (ini penting hehehehe). Jujur dari jaman smp dlu klo baca publikasinya di koran (kebetulan bokap langganan koran) suka pengen ikut tapi terkendala gk ada temen dan gak tau jalan menuju ke TKP (maklum rumah di Tangerang dan TKP di Jakarta utk ukuran bocah lumayan jaraknya kecuali minta di anterin bokap).


Tahun 2013 sempet daftar tapi cuma daftar aja, race pack gk di ambil dan gak dateng juga pas hari H. Di tahun ini (2014), akhirnya memutuskan untuk ikut dan diniatkan lillahi ta’ala. Ajang lomba lari 10 Kilo ini merupakan event pertama bagi gw untuk ikut lomba lari dengan jarak tempuh sejauh 10 Kilometer. Jujur sebelumnya gw belum pernah ikut event lomba lari kayak gini, jadi memang di acara ini gw bener-bener mempersiapkan diri gw lagipula event ini jadi ajang pembuktian ketahanan tubuh gw ke salah seorang temen gw yang sangat ngeselin tapi gayanya berasa pelari professional :p.

Awalnya temen gw yg ngeselin itu, sebut saja idham namanya (tidak disamarkan wkwkwkwk) doi ikutan lomba lari 5K yang diadain sama Bank Mandiri sebagai ajang kick off Jakarta Marathon. Acaranya sendiri 1 bulan sebelum pelaksanaan acara Jakarta International 10K dan di acara Mandiri Marathon itu cuma gw sama fauzi aja anak ranger yg gak join. Fauzi wajar ada di Lampung jadi gk mungkin ikut, sedangkan gw di Jakarta dan gak mau ikut karena acaranya Mandiri bayar :p. Prinsip gw adalah ngapain gw ikut lomba lari 5K/10K/21K/42K tapi gw harus bayar dengan harga yang cukup lumayan, padahal di lomba itu jelas-jelas gw bakal cape banget dan gw ikut cuma sebagai penyemarak acara aja (secara bukan atlit) jadi gak terlalu minat juga kecuali ada sponsor bolehlah hehehehe…

Di acara mandiri itu, si idham berhasil finish di tempat ke-3 diantara 4 anak ranger yg ikut (include doi sendiri), wah songongnya minta ampun itu anak, padahal catetan waktunya sendiri gk bagus-bagus banget untuk ukuran lari 5K :p. Doi akhirnya nantangin gw untuk duel di event Jakarta International 10K dan gw dengan senang hati menerima tantangan tersebut (idham doang sih :p). Setelah menerima tantangan itu gw langsung daftar online untuk ikut acaranya dan nyusun jadwal latihan (maklum pertama kalinya ikut lomba lari, langsung jauh lagi sampe 10 kilo walaupun dari jaman dlu suka lari tapi gk sejauh ini juga keleus hehehehe). Setelah jadwal berhasil dibikin dan mulailah gw dengan latihan-latihan sesuai dengan jadwal yang gw bentuk itu, gak tau deh itu bener gak metode latihannya karna gw nyusun itu tanpa ada pendampingan dari orang yang ahli dibidangnya (alias nyusun aja sesuka hati gw hehehehe)..

Jadwal latihan
  
Kadang jadwal itu dibuat memang untuk mengingatkan tapi ketika bentrok dengan kegiatan lain yowis lah jadwal itu tinggal jadwal aja hehehe… sempet bentrok sama aktifitas sepedaan, berenang, hujan dan jalan-jalan ke yogya membuat latihan gw gak sesuai dengan jadwal tsb, lebih lagi ketika gw coba lari 5 kilo tanpa henti besoknya selama 2 hari kaki pegel-pegel banget. Buat naik tangga aja sakit untung aja kantor pake lift jadi rada tenang. Karena hal itu pula gw memutuskan kalo hari terakhir latihan gw adalah satu minggu sebelum pelaksanaan, karena takut kenapa-kenapa malah nanti gak jadi ikutan kan berabe.

Hari H

H-1 atau malam minggunya semua memutuskan untuk berkumpul di rumah yugo dan berangkat bareng dari rumah doi ke TKP dengan menggunakan mobil juragan idham (si anak ngeselin yang gw ceritain di atas hehehehehe :p). Setelah dirasa persiapan untuk besok udah siap, maka lanjut tidur (kalo gak salah jam 12 malem baru tidur hahahaha) dan bangun jam 4 pagi untuk berangkat ke TKP dan memilih parkir di pelataran masjid Istiqlal, biar langsung subuh di masjid itu juga. Selesai subuh, pake perlengkapan race dan meluncurlah ke Monas. Disini satu anggota ranger si maher gagal ikut karena ada kerjaan yang gak bisa di tinggal, jadilah larinya cuma ber empat aja. Sampe di silang monas tempat untuk start jam 6 pagi kurang dikit dan udah rame sama peserta lainnya walaupun belum rame banget. Alhamdulillah masih kebagian di tengah-tengah gak terlalu ke belakang banget jadi gk begitu susah untuk terobos barisan depan pas start nanti. Total pendafatran yang dibuka untuk acara ini sampe 35rb peserta tapi tetep yang dateng paling berada di kisaran 15rb - 20rb peserta aja (tetep aja banyak hehehehe)

 Perlengkapan lenong taroh belakang hehehe

Jam 7 pagi teng, lomba di mulai, ternyata walaupun gw start dari tengah tapi itu barisan orang-orang yang start di depan gw banyak banget dan berasa gak habis-habis. Gw coba lari dengan kecepatan konstan dan menyusul satu persatu tapi masih aja ada orang di depan gw. Lepas bunderan HI mulai barisan larinya lengang, gak rapet-rapet lagi dan bisa lari dengan tenang dan nyaman. Pas sampe di depan Indofood tower, barisan terdepan pelari elit international udah ada yang balik lagi aja ke arah monas (buseng cepet amat itu orang lari). Sampe di depan atmajaya rame banget panitia bagi-bagiin tali id card warna orange + air minum. Di situ juga merupakan tempat puter balik kearah monas dan merupakan kilometer 5 (masih 5 kilo lagi mamen -____-). Yowis lah gw ambil itu tali id card + air minum dan lanjut lari lagi ke monas. Di bawah jembatan karet ada pos penyegaran, yakni ada spon yg udah basah sama air dan gw ambil satu buat di basuh ke kepala sama muka (segar bener).

Foto bareng :D

Lepas pos penyegaran lari deh sampe garis finish, dan ternyata pas di garis finish tali id card yg warna orange itu di tuker sama medali (asik akhirnya masih dapet medali juga :D). Setelah ambil medali langsung ambil air putih + pisang + susu milo dan rehat di belakang garis finish sambil nunggu temen-temen gw kumpul. Kalo diliat dari catetan waktu di nike+ gw, waktu tempuh gw sekitar 55-56 menit (lumayan gak sampe 1 jam untuk lari sejauh 10 kilometer :D).  Dibelakang garis finish gw gak perlu nunggu waktu lama, beberapa orang temen gw langsung berdatangan. Mulai dari yugho, ferry dan terakhir idham (yak si idham, finisher terakhir diantara rombongan gw berempat :p). Dari ke empat orang rombongan gw, gw dapet medali dan yugo sertifkat selebihnya gak ada yang dapet lagi. Mungkin si ferry harusnya masih kebagian sertifkat tapi karna doi masuk gk lewat jalur finis yg antrian sertifikat + makanan jadi doi gk kebagian deh. Klo idham gmn ? jangan ditanya, catetan rekornya gak lebih baik dari gw bertiga hehehehe :p.

Action dlu

Selesai lari nyari sarapan dlu dan Alhamdulillah di traktir sama juragan yugo, doi pas ultah hari itu (selamat ulang tahun mas bro, terima kasih traktirannya hehehehe..). Abis sarapan stay cool di depan panggung karena ada bagi-bagi doorprize, tapi sayang klo pas sesi begini gak beruntung. Gak ada satupun yang nyangkut, kalo nyerempet nomernya sih ada, Cuma beda beberapa nomer doang tapi kalo gak dapet ya tetep aja judulnya gak hoki hahahaha… Selesai  bagi-bagi doorprize langsung balik ke Istiqlal, beres-beres badan (mandi) and lanjut shalat zhuhur baru balik ke ciledug. Postingan ini gw dedikasikan untuk temen gw idham, dimana tantangannya berhasil gw jawab dengan hasil kemenangan telak dari gw :p dan untuk juragan yugo, yang berulang tahun smoga apa yang didoakan terkabul amiiin.. 


 Race result :D

No comments: